Pages

Minggu, 29 September 2013

Contoh Naskah Kabaret

ADEGAN 1
Pangeran & permaisuri dansa/salsa(bust your windows-Jasmine Sullivan/musdogusdo)
1.      Raja gareng :”(MERAYU PERMAISURI) Oh permaisuriku, pujaan hatiku, belahan jiwaku, kenapa sih kamu cemberut begitu, tersenyumlah cantik, aku tidak tahan melihat bibirmu semakin hari semakin memble(suara efek ble,ble,ble,ble)”.
(Di tampar permaisuri)
2.      Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh :”Biarin biar memble tapi kece, buktinya Kanda mau Sama Dinda!!!”
1.      raja gareng : ”malem hari beli es puter, naiknya motor jeger, hai permaisuriku yang bageur, membuat hatiku bergeter”
1.      Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh :”iih, kakanda bisa aja. Jadi ge’er nich. Gombal deh, gombal(tersipu malu)
2.      raja gareng :”nah gitu donk dinda, smile… kalau gitukan tambah caem gituh, paris hilton aja lewat deh pokoknya (MENYENGGOL PUNDAK PERMAISURI)”.
3.      Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh :”iih kakanda bisa aja deh, maksudnya kecantikannya lewat sama dinda yaa..”(tersipu malu)
4.      raja gareng :”bukan jeh, maksudnya dia lewat tadi didepan hahahaha..”
5.      Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh :namapar pangeran’ih kakanda mah gituh’(cemberut)
6.      raja gareng : “bercanda kok dinda, smile dong”sambil nyolek permaisuri”
7.      Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh:’’ih kakanda” sambil tersenyum
1.    raja gareng : “oh ya dinda, kakanda kok jadi kangen ya sama putri kita yang cantik,bohay,dan wow. Sejak dia sekolah diluar negeri”
2.    Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh : “Iya kanda, dinda juga kangen sama putriku, kangen Bangeeet !!!”
ADEGAN 2
Putri cantik nan bohay pun datang dengan pacarnya membawa oleh-oleh dan gayanyan kayak orang barat.
1.      ”Pangeran dan Putri tiba” (Gaya Sinchan Pangeran Bertopeng)
2.      Putri:”hallo ayah, hallo bunda, aku pulang” (salam dengan mereka)
3.       Raja gareng :”oh, putriku kami sangat kangen sekali denganmu, by the way itu siapa yaa?’’
4.      Putri:”aku juga kangen,oh ya dia itu pacarku, ganteng kaaaan”
5.      Pacarnya :”perkenalkan(lagu bento) nama saya Bento Cullen”
6.      Raja gareng: ”oh, iya. Kamu rada ganteng juga yaa. Bener kan dinda?”.
7.      Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh: ‘iya kanda”sambil senyum
8.      Pacarnya : “termikasih baginda”
9.      Putri:”oh iya, aku bawa oleh-oleh banyak nih”mendekat ke raja
10. Raja gareng :”wow, banyak sekali sayang, pasti kamu beli diluar negeri yaa, iyaa kan?’’
(pacar putri ngedeketin permaisuri”
11. Putri: “ih bukan jeh, soktau nih..huhuuuu.”
12. Raja gareng :’’emang belinya dimana sih”
13. Putri: ‘’ih keppo deh,keppo”
14. Raja cemberut
15. Putri : “yaudah deh, kasih tau gaa yaaa?”
16. Raja gareng : “kasih tau dooong”
17. Putri: “mau tau banget atau mau tau aja, hayoo?”
18. Raja gareng : nginjek kaki putri
19. Putri: teriak” yaudah deh di kasih tau, aku belinya di CSB itu loooh yang jadi ikon kota Cirebon tuuh”efek suara tepuk tangan
20. Raja : ‘ooh disitu, pasti keren tempatnya”
21. Putri: “ih bebeb, kok sama buda aku” ngedeket lalu mukul
22. Pacar:”aku Cuma ngobrol kok beb, kan calon mertua”
23. Putri: “oh iya yaaah”
24. Permaisuri Semilikithi Weleh-weleh : “oh ya,nampaknya kalian lelah, gimana kalau kita istirahat aja dulu”
25. Putri,raja,pacar :“ok deh”
(MEREKA MENINGGALKAN RUANGAN UNTUK BER ISTIRAHAT)
ADEGAN 3
SETELAH MEREKA PERGI MENINGGALKAN RUANGAN, DAYANG MAYU MULAI BERAKSI DAN BERGAYA-GAYA LAYAKNYA SEORANG PUTRI RAJA.(soundtrack mission impossible)
1.      Dayang mayu :”(DUDUK DI SINGGASANA RAJA SAMBIL MEMBAWA KIPAS) Ehmmmm…enaknya jadi Putri…!!!”
2.      Dayang Tur :”Eh mayu berani sekali kamu duduk di Singgasana itu! Itu tempat Raja dan Permaisuri jeeh!!!”.
3.      Dayang mayu :”Itu bukan urusan kamu, suka- suka ku donk, emang masalah buat lo, bapa lo,kucing lo,nenek lo atau hidup lo!!!”
4.      Dayang Tur :”Memang bukan urusanku, tapi kita sama- sama Dayang. So, wajar donk kalau aku ngingetin kamu. Jangan duduk di situ jika kamu masih ingin mengabdi disini! ayo cepat berdiri sebelum ketahaun Baginda Raja dan Permaisuri”.
5.      Dayang mayu :”yaa teruuus, gue harus jungkir balik atau koprol 2 kali trus bilang wow,hah, gak penting banget sih!”
6.      Dayang Tur :”Sudah…Sudah….Ya Sudahlah…???Oh iya aku mau ngajakin kamu  jalan- jalan, bagaimana kalau kita keliling istana?”
7.      Dayang mayu :”Dengan kamu! Dayang tur sok kece!”
8.      Dayang Tur:”Ya iyalah, masa ya iya dong, mulan aja jamilah bukan jamidong!!!”
9.      Dayang mayu :”Hemmm… stroberi apel, sory gak level!!!”
10. Dayang Tur :”Ya sudah kalau kamu gak ikut, aku pergi sendiri aja, Hemmm”.
11. Dayang mayu :”Ih cepat Pergi, Cepat…cepat…!!!
Ih dasar campseupay… iuh, mending juga shopping deh ke CSB!”
DAYANG MAYU MULAI MENAMPAKKAN KEKESALANNYA PADA SEMUA ORANG DAN MENGUMPAT KESANA KEMARI. DIA IRI MELIHAT PUTRI YANG MEMBAWA OLEH-OLEH YANG BAGUS.
1.      Dayang mayu :”Dasar wanita tak tau malu, datang- datang udah sok bule gituh, memangnya siapa dia…dibandingkan dengan aku, aku jauh lebih cantik dan mirip bule. Dia itu sok manis,sok alim,..cuuh…melihat dia mau muntah saja (DUDUK DI SINGGASANA RAJA) padahal aku lebih cantik dari dia,mungkin penampilan aku kurang wow ya, ok baiklah aku akan melakukan apapun untuk menjatuhkan sebagai putri..haaa.hahahaha”
ADEGAN 4
NINI SIHIR MUNCUL MENGHAMPIRI DAYANGMAYU YANG SEDANG SIBUK DENGAN UMPATANNYA ITU  DENGAN SUARANYA YANG MENGERIKAN.(suara guntur)
1.      Nini Sihir :”Hi…hi…hi…Wahai manusia berhati dengki, sebesar itukaH keinginanmu untuk menjatuh putri, Aku bisa mewujudkan keinginanmu!”.
2.      Dayang mayu :”Hey…Siapa kamu? Tunjukkan wajahmu! Tunjukkan wujud aslimu! (BINGUNG MENCARI DARI MANA ASAL SUARA ITU)
Ayo nampakkan dirimu! Siapa kamu! Hey…
3.      Nini sihir :”iiih kamu keppo banget deeh..hi..hi….hi”
4.      Dayang mayu: “aahh cepet nampakkan dirimu(MEMBALIKKAN BADAN DAN TERKEJUT MELIHAT WUJUD  NINI SIHIR )
Benarkah yang kau katakan tadi? Apakah kau bisa membantuku?
1.      Nini Sihir :”Hi…hi…hi…hihihi…..itu sih urusan gampang….tapi….!!!”
2.      Dayang mayu :”Tapi apa?”
3.      Nini Sihir :”Ada syaratnya…hi…hihihi…hihihihi!”
4.      Dayang mayu :”Apa syaratnya Nini?”
5.      Nini Sihir:”Kau harus berbagi kesenanganmu denganku, apa kamu mau?. Hi…hihihihi…hihihih”
6.      Dayang mayu :”Baiklah aku akan berbagi kesenangan denganmu, tapi apa yang hendak kau lakukan denganku?”
7.      Nini Sihir  :”Hi…hihihi….hihihihi…aku akan mengubah wajahmu menjadi wajah seorang putri.”
8.      Dayang mayu :”Apa? iiuuh!!! Aku tidak mau wajahku dirubah menjadi putri yang sok cantik itu! Ih…amit- amit….”
9.      Nini Sihir :”Hi…hihihih…apa kau tak mau menjadi seorang Putri Raja menggantikan Putri yang sok cantik itu? Apa kau tak maunmempunyai harta banyak? Apa kau tak mau itu? Hi…hihihih…hi…hihihihi”
10. Dayang mayu :”Hmmm…mau sih…tapi apa tidak ada cara lain agar aku bisa menjadi putri raja?”
11. Nini Sihir Endelwati :”Hihihi…kau sudah kuberi tawaran, jadi…terserah kau mau atau tidak!!!
(MEMBALIKKAN BADAN DAN INGIN PERGI MENINGGALKAN DAYANG MAYU) hihihih…”
1.      Dayang mayu :”Eh…tunggu nenek sihir. Kalau memang itu jalan satu-satunya, baiklah aku setuju, akan kuturuti maumu”.
2.      Nini Sihir  :”Hihihihi…Nah gitu donk gadis cantik, kau memang gadis yang licik.
Hihihi…aku akan merubah wajahmu, tapi ingat jangan sekali- kali kau tampakkan wajahmu dicermin, jika itu kau lakukan wajah aslimu yang akan tampak dicermin, dan semua kelicikanmu akan terbongkar, ingat itu…hi…hihihi…”
1.      Dayang mayu :”okelah kalau begitu”.(lagu warteg boys-okelah kalau begitu)
2.      Nini Sihir:”Bersiaplah kau gadis licik, aku akan merubah wajahmu. Tolong di bantu
Ya 1 2 3…Bim salabim jadi apa prok prok prok (MENGELUARKAN MANTRA DAN MERUBAH WAJAH DAYANG MAYU MENJADI WAJAH PUTRI)”
1.      Dayang mayu :”Ha…hahaha…hahaha…akhirnya aku bisa menjadi peri, eh kok peri maksud aku Putri. Ha….hahaha…ahahah…”
2.      Nini Sihir :”Ingatlah dengan janjimu gadis licik, hihihi… hihihi… (PERGI MENGHILANG BEGITU SAJA)”
ADEGAN 5
BEBERAPA SAAT KEMUDIAN SETELAH NINI SIHIR PERGI, DATANGLAH PUTRI DENGAN WAJAH YANG CEMAS DAN KETAKUTAN.
1.      Dayang mayu :”Ah ada orang datang, sebaiknya aku sembunyi saja dulu (CARI TEMPAT UNTUK SEMBUNYI)”
2.      Putri :”(MEMASUKI RUANGAN) Dimana ya Pangeran berada? Apa ada
yang tahu? Dari tadi aku sudah mencarinya kemana- mana tapi tidak ada, di kamar, di ruang kerja, di taman, di sinipun, aduh dimana ya pangeranku,(menari sambil diiringi lagu alamat palsu) padahal aku ingin menyampaikan sesuatu yang sangat penting (MONDAR-MANDIR KEBINGUNGAN MENCARI PANGERAN)
TIBA- TIBA DARI ARAH BELAKANG DAYANG MAYU DATANG DENGAN MEMBAWA SEHELAI KAIN YANG TELAH IA BERI OBAT BIUS. DIAPUN MENDEKAP PUTRI DAN MEMBIUSNYA.
1.      Dayang mayu :”Kena kau Putri sok cantik (MENDEKAP DAN MEMBIUS PUTRI SAMPAI PUTRi PINGSAN) akhirnya aku bisa menggantikan posisimu”.
2.      Putri :”(PINGSAN)”(ditembak pake shotgun)
3.      Dayang mayu:”(MEMBAWA PUTRI  PERGI JAUH DARI ISTANA)”
DAYANG MAYU BERHASIL MENYINGKIRKAN PUTRI DAN MENGGANTIKAN KEDUDUKAN PUTRI SEBAGAI PUTRI KERAJAAN. DIA MENGGUNAKAN KEDUDUKANNYA ITU DENGAN SEMENA-MENA. DI BUAT KEKACAUAN DISANA-SINI TANPA SEPENGETAHUAN PANGERAN. DIA TANGGALKAN SEMUA ATURAN ISTANA DAN DIA BUAT ATURAN-ATURAN BARU. DI GUNAKAN UANG KERAJAAN UNTUK KESENANGANNYA BERSAMA DENGAN NINI SIHIR.
Dayang mayu : “akhirnya aku bisa menjadi putri, mulai sekarang aku akan bersenang-senang dan aku mau shopping di CSB untuk membeli apa yang aku inginkan”
ADEGAN 6
SETELAH ITU DAYANG MAYU LANGSUNG PERGI KE CSB UNTUK BELANJA.
Dayang mayu: “aah akhirnya aku mendapatkan apa yang aku inginkan…hahaha”sambil membawa belanjaan yang begitu banyak
IA PUN LANGSUNG KEMBALI KE ISTANA
Nini sihir : “hai mayu, apa kamu membawakan aku sesuatu..hiii.hiiiihihihi..”
Dayang Mayu: “tenang aja ni, aku membelikanmu baju-baju mahal”
Nini sihir : “bagus bagus bagus, aku senang kau membelikan itu untukku.. hiihihihihi..”
SETELAH ITU NINI SIHIR PERGI MEMBAWA YANG IA DAPATKAN
Dayang mayu : “akhirnya aku mempunyai baju-baju mewah dan sangat bagus..hahaha”
PACARNYA MASUK(lagu marry you)
Pacar: “hai beb, kamu dari mana?”
Dayang Mayu : “ biasa lah, aku habis belanja gituh loh, oh ya beb kita putus aja ya, aku bosen ngeliat muka kamu, campseupay banget…iiiuuh”
Pacar:”apa putus?”(lagu afgan-sadis)
Dayang Mayu: nampar pacarnya “ah alay lo and(lagu sorry sorry jek) kita putus”
Pacar : wajah sedih “oke kalo gitu, aku akan pergi meninggalkanmu” (lagu st12 saat terakhir)
Dayang Mayu: mukul Pacarnya “aaah udah sono pergi, iiiuuh campseupay”
“pacarnya pun pergi”
Dayang Mayu : “akhirnya dia menjauh dariku, daripada gada kerjaan mending aku shopping lagi deh di csb beli lipstick,kosmetik, and apa aja deh yang bagus di beli..hahahha”(langsung cabut ke CSB)
SETELAH SHOPPING , IA KEMBALI KE ISTANA, DI DALAM PERJALANAN IA KEPANASAN DAN MEMUTUSKAN UNTUK KEMBALI SHOPPING
Dayang mayu : “iiiuhh..panas banget sih.. mending aku balik lagi deh ke CSB”

ADEGAN 7
Lagu hatta rajasa(raja masuk)
Raja gareng : “kemana anakku yaa,kok sudah 3 hari tidak kelihatan?”
Lagu sinchan(anaknya datang membawa belanjaan)
Dayang Mayu : “ayah aku pulang”
Raja Gareng : “dari mana kamu nak?”
Dayang Mayu : “biasalah yaaah, aku kan habis shopping”
Raja Gareng : “ooh yasudah, mending kita makan dulu yuk, trus minum susu”
Dayang Mayu : “haah susu?” (lagu susu bodarmi)
Raja Gareng : “aaahh ayo kita makan”
Dayang Mayu : “ayoo”


ADEGAN 8
SETELAH MAKAN, DAYANG MAYU PERGI KE KAMARNYA”
Dayang Mayu : “aaah, enaknya jadi putri raja, semua yang ku inginkan bisa kubeli, emmmm.. bosen banget sih disini”efek orang mikir “mending aku shopping lagi deh di CSB”
MASUK RAJA GARENG BERSAMA PERMAISURI(lagu hatta rajasa)
1.      Sekertaris Kerajaan :BERJALAN MENGHAMPIRI raja SAMBIL MEMBAWA BERKAS LAPORAN KEUANGAN YANG TELAH DIREKAPNYA)
2.      Raja gareng :”Apa yang sedang kamu bawa itu, wahai sekertarisku?”
3.      Sekertaris Kerajaan :”ini adalah berkas rekapan keuangan kerajaan kita saat ini baginda (SAMBIL KETAKUTAN SEKERTARIS MEMBERIKAN BERKAS LAPORAN KEUANGAN YANG TELAH DI REKAP)
4.      Raja Gareng MEMEGANG KEPALA DAN MENGELENG- GELENGKANNYA)
5.      Sekertaris Kerajaan :”Ma’af baginda itu terjadi karena ulah putri baginda sendiri”.
1.      Raja Gareng:”Lancang sekali kau berkata seperti itu! Apa kamu ingin mati, menuduh anakku yang paling aku sayangi!!!”
2.      Sekertaris Kerajaan :”Hamba mohon ampun baginda, tapi itulah kenyataan yang sebenarnya. Putri terlalu banyak menghambur- hamburkan uang Kerajaan untuk shopping. Tuan Putri juga merubah semua aturan- aturan yang sudah ditetapkan di kerajaan ini Baginda’.
1.      Raja Gareng :”Apa benar yang kau katakan itu wahai Sekertaris Kerajaan? Apa sejauh itu yang sudah Putri lakukan untuk Kerajaan ini?”
2.      Sekertaris Kerajaan :”Sekali lagi hamba mohon ampun Baginda, sebenarnya hamba tidak ingin menyampaikan ini tapi keadaan sudah benar-benar gawat jadi hamba tidak bisa menutupinya terlalu lama lagi pangeran”.
3.      Raja Gareng :”Sungguh keterlaluan dia!!!”efek suara jeng jeng
4.      Lagu sinchan(putri kembali ke istana sehabis shopping)
5.      Putri:”hay ayah aku habis sopping loooh,terus terus aku beli sepatu,baju, lemari, sandal, jepit rambut emmm jepit rambut, sandal, emmmm!”.
6.      Raja Gareng : nampar putri “stop, kerjaan kamu hanya shopping dan shopping saja”.
7.      Permaisuri: “sudahlah kakanda biarkan saja”
8.      Raja Gareng : menampar permaisuri “biarin jeh”
9.      Permaisuri tersedu-sedu
10. Raja gareng : “hei kamu(sekertaris)cepat bawa permaisuri ke kamarnya”
11. Raja Gareng : “hai putri, apa kamu tau, kamu telah menghamburkan banyak uang kerajaan”
12. Putri : “emang kenapa sih yaah, kan kita kaya banget, biarin dong menghamburkan banyak uang”
13. Raja Gareng : sembarangan kamu ngomong, aku sudah tidak tahan dengan sikapmu yang seperti itu, lebih baik kamu pergi dari sini”
14. Putri : “apa? Apa ayah ngusir aku”
15. Raja Gareng : “ pengawal!!”
16. Pengawal 1&2 : “dalem baginda”
17. Raja Gareng : “cepat usir putri dan bawa dia ke tempat yang jauh”
18. Putri: “tidak, ayah tidaaak”
19. Raja Gareng : “maaf putriku, ini untuk kebaikan kerjaan”muka sedih
20. Putri ditarik dan dibawa pengawal pergi jauh
21. Raja Gareng pun pergi ke kamarnya(muka sedih)

Di buat oleh INDRA SOFWAN

1 komentar: